Tips Sebelum Memulai Bisnis Franchise

5

Bisnis waralaba atau franchise semakin tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia. Ada banyak jenis bisnis franchise, mulai dari kuliner, mini market, cafe, kursus, salon hingga restaurant. Biasanya, franchisor sudah menyediakan semua hal tersebut untuk para investornya, sehingga para investor hanya cukup menyediakan modal sesuai dengan paket yang dibutuhkan dan tinggal menjalankan sistem kerja.

Ada beberapa hal lain yang harus anda lakukan sebelum memulai untuk menggeluti bisnis franchise. Berikut ini adalah beberapa tips yang layak anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi di bisnis franchise:

  1. Tentukan Minat dan Passion
    Dalam berbisnis, anda harus menyesuaikan pilihan investasi anda pada bidang usaha yang benar – benar anda minati dan kuasai, baik dari segi pengetahuan, target pasar serta rencana promosi dan pengelolaannya. Menjalankan bisnis haruslah dinikmati sebagai bagian dari aktifitas yang menyenangkan sekaligus wadah bagi anda untuk menuangkan ide – ide kreatif yang selama ini tidak bisa anda ekspresikan selama bekerja di perusahaan tempat anda bekerja.
  1. Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang ditentukan
    Ada banyak pilihan franchise yang bisa anda jadikan alternatif untuk berinvestasi, mulai dari yang paling kecil modalnya hingga yang paling besar. Namun perlu anda pahami bahwa tidak selamanya kesuksesan berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal, akan tetapi ditentukan oleh kreatifitas dan inovasi. Maka dari itulah, cobalah untuk menentukan jenis usaha yang unik, jarang ditemui sekaligus dibutuhkan saat ini.
  1. Kenali Brand, Ketentuan Fee dan Sistem Franchise
    Bisnis Franchise ada banyak jenisnya, mulai dari produk kuliner, café, kerajinan, hingga jasa. Baik asing maupun domestik, setiap perusahaan franchise pastinya sudah memiliki standar operasional yang ketat sebagai upaya untuk menjaga brand awareness mereka yang sudah dibangun dengan baik sehingga tidak mau reputasi brandnya rusak.
  1. Persiapkan Lokasi Usaha Strategis 
    Perlu dipertimbangkan juga secara seksama, apakah anda perlu untuk membeli lokasi usaha atau hanya sekedar menyewa. Keputusan untuk memilih tempat usaha haruslah disesuaikan dengan jenis usaha, target pasar dan potensi bisnis di wilayah tersebut.
  1. Fokus dan Semangat! 
    Hal ini sangatlah penting dalam menjalankan bisnis apapun. Fokus dan Semangat! Bagi banyak pengusaha, yang penting adalah plan lalu action, action dan action.

Jika Anda masih kebingungan dalam memulai bisnis Franchise, silahkan hubungi 0811 201 2121 untuk konsultasi.

Posted on: October 10, 2016hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *