Pentingnya Peran Media Sosial dalam Bisnis

media sosial

Mengingat jumlah pengguna media sosial di Indonesia cukup tinggi, jejaring sosial merupakan sarana yang cukup penting dalam menjalankan bisnis. Kini jejaring sosial memainkan peran yang signifikan dalam proses pemasaran produk. Apa saja manfaat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk bisnis Anda?

Brand Awareness
Brand Awareness adalah penyebaran merek atau brand melalui media sosial dapat membuat orang semakin mengetahui atau mengenal produk Anda. Dari sana Anda dapat mengukur brand awareness atau kesadaran konsumen terhadap produk tersebut. Tidak sembarang orang dapat membangun brand awareness. Untuk itu, biasanya perusahaan membayar pekerja online yang khusus mengurusi hal tersebut yakni social media spesialist, community manager, twitter master, digital media analyst, dan search engine optimization (SEO).

Dekat dengan Konsumen
Media sosial menjadi saluran penting bagi business owner untuk berhubungan langsung dengan konsumen, juga sebagai penghubung antar konsumen dan business owner untuk memecahkan masalah mengenai produk baru dan layanan.

Media Promosi
Media sosial menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif dan langsung tepat ke sasaran. Melalui Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, Youtube Anda dapat memberikan informasi seluas-luasnya akan produk Anda kepada konsumen. Dengan memanfaatkan media sosial akan memperluas jangkauan Anda hingga ke luar negeri.

Riset Pasar
Peran media sosial penting untuk menggali informasi dari para konsumen dan calon konsumen Anda. Anda bisa melakukan polling atau survey melalui media sosial tentang seberapa sadar konsumen akan produk yang Anda miliki, seberapa besar minat pasar, dan mencari informasi siapa-siapa saja yang menjadi kompetitor utama bagi bisnis Anda.

Apakah Anda salah satu pebisnis yang memanfaatkan media sosial untuk memaksimalkan usaha Anda? Jika belum, apa yang harus Anda lakukan? Strategi apa saja yang dapat kita mulai dari sekarang agar dapat membangun brand awareness bisnis Anda? Cara apa yang sudah Anda lakukan agar lebih dekat dengan konsumen? Promosi apa saja yang sudah Anda lakukan untuk bisnis Anda? Sudahkan Anda melakukan riset pasar? Ikuti Seminar Bisnis Coach Hendra Hilman yang berjudul “Business Transformation”. Silahkan hubungi 0811 201 2121.

Posted on: August 5, 2016hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *