Pentingkah Networking dalam Bisnis?

Sebagai seorang pengusaha atau pemilik bisnis, menjalin jaringan/ networking merupakan kegiatan yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda. Tentunya dalam Bisnis Anda membutuhkan orang lain, atau team yang mendukung bisnis Anda. Berikut adalah sejumlah alasan untuk meyakinkan Anda pentingnya networking:

1.Berbagi Wawasan

Networking adalah cara terbaik untuk berbagi ide, wawasan dan pengetahuan Anda. Untuk sekedar meminta umpan balik atau mendiskusikan sudut pandang Anda. networking membantu Anda memperluas pengetahuan dan memberikan gambaran yang lebih baik ketika Anda mencoba melihat sesuatu dari sisi lain.

2. Mendapatkan Peluang

Wajar sekali ketika sebuah kegiatan networking akan berujung pada peluang, entah itu refferal, kemitraan, atau justru bertemu langsung dengan calon pembeli layanan atau produk Anda.

3. Koneksi

Ketika menjalin network, Anda tidak hanya mendapatkan eksposur kepada orang-orang di dalam ruangan, akan tetapi secara tidak langsung, Anda juga sedang membangun hubungan dengan orang-orang yang mereka kenal. Misalnya, mereka akan mereferensikan bisnis Anda kepada sahabat-sahabat mereka pada situasi yang tepat.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan networking, Anda mendorong diri Anda untuk berbicara dengan orang yang Anda tidak kenal. Ketika Anda lakukan berulang kali, maka hal ini akan membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

5. Meningkatkan Profil Anda

Dengan secara teratur menghadiri bisnis dan kegiatan sosial, orang-orang akan mulai mengenal siapa Anda dan bisnis Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk membangun reputasi sebagai orang yang berpengetahuan, dapat diandalkan, dan mampu menawarkan informasi yang berguna, atau tips untuk orang-orang yang membutuhkannya.

Dalam setiap Seminar yang diadakan Hendra Hilman International, pada awal sesi diberikan waktu untuk para peserta ber-networking dengan peserta yang lain, untuk sekedar mengobrol, bertukar kartu nama, memunculkan interest satu sama lain. Seperti hal yang dilakukan pada saat Business Power Seminar yang berjudul “Business Transformation” Sabtu lalu.

DSC01438

Foto peserta Business Power Seminar “Business Transformation” saat ber-networking

Posted on: August 24, 2016hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *