Kepercayaan Membuat Karyawan Lebih Produktif

Kepercayaan Membuat Karyawan Lebih Produktif

Mungkin Anda perlu instrospeksi diri jika banyak karyawan yang kurang produktif. Salah satunya adalah, mencoba untuk memberikan kepercayaan pada mereka.

Karena menurut penelitian yang disebarkan oleh Journal of Organizational Behavior, dengan percaya kepada karyawan berarti Anda telah meningkatkan produktivitas mereka. Studi yang dilakukan pada tahun 2013 lalu itu menyebutkan bahwa kepercayaan akan mengangkat harga diri mereka, dan pada akhirnya berimbas pada kinerja yang lebih baik.

Penelitian itu sendiri dilakukan oleh Chinese University of Hong Kong dan University of Macau. Mereka memanfaatkan sampel dari 497 guru dan atasannya langsung, di sekitar wilayah selatan negara Cina. Hal itu dilakukan untuk melihat hubungan antara ‘kepercayaan’ dengan ‘kinerja’.

Kepercayaan sendiri diyakini terdiri dari dua aspek, yaitu ‘ketergantungan’ dan ‘pengungkapan’. Ketergantungan adalah rasa percaya diri yang dimiliki oleh karyawan bahwa atasan akan bergantung pada mereka. Sementara pengungkapan adalah rasa percaya diri bahwa atasan tidak akan segan untuk berbagi masalah dan perasaan mengenai pekerjaan.

Sementara dari dua aspek kepercayaan, ketergantungan dinilai memiliki efek yang lebih tinggi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Jika diambil sebuah garis besar, maka ketika karyawan merasa dipercaya, secara cepat harga diri pun meningkat, dan mereka cenderung menjadi pekerja yang lebih baik.

Mengapa Kepercayaan Begitu Penting

Meski terlihat sederhana, namun tidak sedikit atasan yang masih belum mempercayai karyawannya. Alasannya, banyak atasan yang merasa karyawannya akan semena-mena bila diberikan kepercayaan. Kepercayaan di sini maksudnya adalah memberikan dukungan moral dengan tidak menekan mental si karyawan, namun tetap mengawasi.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan pula bahwa dalam kepercayaan terkandung nilai di dalam hati yang meningkatkan harga diri serta kinerja.

“Bila Anda memberikan peluang yang memungkinkan karyawan untuk berpikir bahwa Anda percaya mereka, maka Anda telah mendorong rasa ketergantungan,” tulis Business Minded mengenai survei tersebut.

Cara Memberikan Kepercayaan

Tidak terlalu sulit bila Anda ingin memberikan karyawan kepercayaan.

–          Memberikan mereka tugas-tugas penting dan berbagai tanggapan tentang kinerja mereka dengan jujur.

–          Melibatkan karyawan untuk berpartisipasi dalam berbagai keputusan penting.

–          Berikan peluang kepada karyawan untuk melihat bahwa Anda percaya pada mereka.

Ingat, rasa percaya bukan timbul dari sebuah ungkapan, tapi dari berbagai pengalaman yang telah dialami dan dirasakan.

“Kepercayaan adalah sebuah perasaan (tentang) pengalaman manusia,” ungkap Simon Sinek, seorang penulis.

 

Sumber: Business Minded | Foto: City Max Blog

Posted on: October 11, 2016hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *