Is Your Business Growing or Dying ?

Banyak bisnis yang saat ini ‘mati’, karena tidak sadar bahwa jaman sudah berubah, aturan main sudah berubah, orang-orang sudah berubah, teknologi sudah berubah.

Jadi, saat ini, jika anda sebagai pengusaha tidak mengubah cara berbisnis anda, maka anda akan juga ‘mati’ dengan serangan kompetitor (Bisnis Online) yang begitu cepat dan begitu aggressive.

Sebagai contoh : Taxi Online menyerang perusahaan Taxi Blue Bird. Rumah Makan Conventional mulai ditinggalkan, diserang dengan Cafe Berkonsep & Berdesign. Toko P&D conventional diserang habis-habisan dengan maraknya Mini Market2 seperti Alfamart & Indomaret. Toko Fashion Conventional diserang habis oleh Toko Fashion Online. Seminar Conventional diserang oleh Webinar (Seminar Online). Brand International sekalipun dapat ‘mati’ diserang oleh Brand Lokal yang unik. Dan masih banyak lagi…

5 Hal Perlu Anda Lakukan Untuk Mengantisipasi ini:

  1. Lakukan Riset dengan intensive apa yang sudah dilakukan oleh Kompetitor, dan juga pelajari apa rahasia dibalik kesuksesan Kompetitor Anda.
  2. Anda bisa ATM (Amati Tiru Modifikasi) yang sudah baik dilakukan oleh kompetitor. Anda juga bisa modifikasi sendiri di bisnis anda. Ingat, Anda harus sangat mengerti strategi kompetitor, bukan hanya sekedar nyontek. Misalnya, jika anda sekedar nyontek kompetitor anda di bidang resto kuliner. Kompetitor melakukan strategi meng-upgrade buku menunya menjadi lebih kekinian. Dan meniru, menyontek Nama-Nama Makanan yang ada di dalam menu, namanya mirip dengan bisnis anda. Namun, mereka yang nyontek misalnya Anda menggunakan ‘Nasi Goreng Pedes Gila’ –> (Anda memasaknya dengan Resep Rahasia Anda, yang tentunya sudah dikenal oleh konsumen). Tiba2 kompetitor menyontek dengan nama ‘Nasi Goreng Pedes Mampus’ –> (Namanya saja di copy, namun Resep Rahasianya, mereka tidak tau. Akibatnya, kompetitor tidak laku.
  3. Belajar untuk Kreatif & Inovatif, artinya bahwa, 2 Hal itu Wajib dilakukan, dan masuk ke dalam strategi bisnis anda. Menjadi Kreatif, adalah simplenya melakukan yang terbalik dari yang kompetitor lakukan. Misalnya, jika mereka (Cafe) Buka di jam kerja, (10 Pagi sd 10 Malam), maka Anda bukanya (Jam 10 Malam sd 10 Pagi).
  4. Testing & Ukur, setiap kali anda melakukan marketing, ataupun promosi, ataupun Marketing Campaign, Diskon Besar2an, anda wajib melakukan Test. Saat anda melakukan Iklan (adlips) / Talkshow di radio, seberapa anda ukur efektivitas dari iklan atau promosi disana. Anda iklan di fb ad, google ad, apakah anda pernah mengukur efektivitas bisnis ini. Test Pasar dengan Target Market langsung, apakah mereka suka dengan produk anda?
  5. Pastikan BRANDING Anda improve, tingkatkan dengan lebih baik lagi. Maksud dari Branding adalah seberapa Anda dikenal oleh calon konsumen atau konsumen anda. Seberapa efektivekah strategi marketingnya untuk memastikan BRAND anda dikenal customer, dan calon customer anda. Lakukan berbagai cara untuk marketing, sehingga customer datang mendekat. Misalnya, anda punya produk tentang vacuum cleaner, targetnya ibu2 usia senja (40an sd 50an). Iklan Vacuum Cleaner muncul di TV, karena Ibu2 ini masih nonton TV. Namun jika Ibu2 tidak Action untuk bertransaksi. Seharusnya Anda memilki 1001 cara untuk marketing, Coba kita cari resto, atau cafe, kebetulan ada iklan Vacuum Cleaner yang tadi.
  6. Just Marketing! artinya bahwa segala cara apapun memungkinkan untuk dilakukan, untuk membuat customer / calon customer bereaksi terhadap iklan yang sudah dibuat. Jadi, jika anda membuat promo, namun tidak ada yang bereaksi terhadap promo yang diberikan. Jika berhasil, team dapat juga, lumayan untuk kebutuhan di rumah.

Para pembaca yang budiman, saya berterima kasih untuk atas kepercayaannya untuk membaca article ini. Jika ada pertanyaan seputar Marketing, Bisnis, pembenahan Karyawan, silakan hubungi kami di Customer Hotline Line : 0811 201 2121 atau kunjungi website kami : www.hendrahilmanint.com

Semoga Bermanfaat

Coach Hendra Hilman [International Business Coach]

Posted on: March 15, 2017hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *