Hoki vs Bo Hoki, penasaran? Baca ini..

Banyak yang bertanya pada saya, Coach, saya ingin bisnis saya tambah maju, tambah keren, tambah HOKI…di tahun ini..

Tapi menurut shio saya katanya kurang HOKI, menurut ramalan saya juga kurang bagus, katanya harus hati-hati kalau tidak bisa terjadi masalah untuk keuangan..

Nah, bagaimana menurut Coach untuk mendapatkan HOKI? walau ramalan mengatakan saya kurang HOKI..

Nah, pebisnis, pengalaman saya menjadi pengusaha sekian puluh tahun, dan juga meng-coaching sekian banyak pemilik bisnis dan pengusaha.

Definisi HOKI bagi saya adalah ‘LIHAT KANAN KIRI CARI PELUANG & AMBIL PELUANGNYA SELAGI ADA KESEMPATAN”.

Maksudnya apa? Saya ingin bercerita sedikit mengenai Kuda Berkacamata vs Kuda Polos. Kuda yang berkacamata alias ditutup kanan kiri di pinggir matanya untuk hanya fokus ke depan, itu hidupnya lebih stabil, dan gitu-gitu saja.  Sedangkan, kuda polos yang matanya dibuka untuk melihat kanan kiri, dia bebas menjelajahi gunung, sungai, lautan, hutan rimba, sampai padang rumput yang luas..

Kuda yang berkacamata, hidupnya monoton, hanya perjalanan dari kandang kuda di rumah sang pemilik kuda, ke pasar, antar ke sawah, jalan2 bentar, pulang lagi ke kandang. Hidup hanya 1 x namun hanya adventurenya hanya itu-itu saja, padahal dunia begitu indah..

Saya tidak mengatakan bahwa Kuda berkaca mata itu tidak happy, mereka mungkin happy juga dengan kebiasaan seperti itu. Nah, apa hubungan cerita sederhana ini dengan pengusaha.

Banyak pengusaha Toko Konventional mengeluh, “Aduh sekarang dengan gencarnya mini market modern, yang buka 24 jam, membuat bisnis saya kehilangan omset, dan customer..Jaman Sekarang Susah..!” Sekarang Bisnis Minimart HOKI.., laku keras..”

Mengapa Bisnis Minimart HOKI? apa hubungannya dengan kuda berkacamata? Pebisnis yang saya hormati, saya mempelajari mengapa minimart modern lebih disukai dan diminati konsumen. Dan, di saat krisis mereka tetap berjaya, mereka membuka kacamata mereka, melihat kanan kiri, memantau gaya hidup konsumen, memperhatikan cara mereka berbelanja, mempelajari jarak tempuh mereka berbelanja, menganalisa hari-hari tertentu kapan saja konsumen memborong kebutuhan sehari-hari, mengamati produk-produk TOP TEN apa saja yang dikonsumsi konsumen di berbagai kategori mulai dari kebutuhan rumah tangga, dapur, kebersihan, makanan, hingga sabun cuci mobil.

Mereka melakukan USAHA-USAHA untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, dengan memasang AC, memberi penerangan yang TERANG, memberi display yang menarik, mentraining Kasir & Staff dengan pola pelayanan pelanggan, memfasilitasi dengan ATM, membuat kenyamanan dengan memberikan Toilet & Tempat duduk untuk ngopi, buka hingga 24 jam, menyediakan fasilitas cara bayar berbagai vendor, memberikan konsumen kenyamanan untuk memilih sendiri produk mereka, memberikan pelayanan antar barang, dsb..Jadi wajarkah jika konsumen berpindah hati berbelanja ke toko minimart modern?

Apa USAHA-USAHA yang dilakukan toko traditional untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumen? Nah, itu yang seharusnya dipikirkan dengan membuka kacamata dan melihat peluang yang dapat dipikirkan untuk di implementasikan pada bisnis-bisnis traditional.

Dengan membuka mata telinga dan pikiran, akan banyak sekali adventure dan pengalaman baru untuk menjalani usaha, sehingga usaha yang dijalankan akan lebih berbeda dengan sentuhan dan sensasi baru dan kreatif.

Contoh: Bisa saja toko traditional mengubah toko mereka menjadi Toko & Salon & Tempat Nongkrong. Atau, bisa juga toko traditional juga memberikan fasilitas cuci mobil, dan gallery lukisan antik.

Nah, coba pikirkan sesuatu yang baru, unik dengan membuka mata, telinga, dan pemikiran baru, sehingga peluang akan datang dan HOKI akan semakin BESAR..

Semoga membantu anda membuka pikiran dan wawasan dan kreatifitas anda!

Jika ingin berkonsultasi untuk meningkatkan potensi bisnis anda, silakan hubungi :

Hendra Hilman International Business Clinic & Consultancy (0811-201-2121)

Salam Pengusaha !

Posted on: January 18, 2017hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *