GAGAL MERENCANAKAN = MERENCANAKAN KEGAGALAN

Manajemen waktu adalah hal yang sangat vital. Setiap orang dianugerahi waktu yang sama, yakni 24 jam. Namun berapa banyak dari kita yang berhasil memanfaatkannya dengan optimal? Berapa banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bersantai, sementara yang lainnya menggunakan waktu untuk membuat banyak perubahan di sekelilingnya, bahkan untuk dunia?

Gunakan waktu Anda sebaik mungkin. Catatlah dalam agenda, apa saja kegiatan yang harus di lakukan. Tiap hari, tiap minggu, dan tiap bulan. Rencanakan setiap aktivitas dengan baik agar tidak saling berbenturan. Jika harus melakukan beberapa aktifitas pada saat bersamaan, pilihlah yang menjadi prioritas terlebih dahulu dan selesaikan. Atau selesaikan yang paling mudah dulu, baru beranjak ke yang paling sulit. Jika terlalu banyak, mungkin Saya perlu mempertimbangkan untuk mengurangi beberapa aktifitas dan memilih yang benar-benar penting terlebih dahulu.

Manajemen waktu yang efektif, akan memudahkan Saya mencapai tujuan. Sementara fokus pada prioritas, akan membawa Anda meraih hasil yang optimal.

3 Tips Time Management :

  1. Buatlah perencanaan lebih awal, luangkan waktu 20 menit per hari sebelum tidur, untuk menuliskan apa saja yang akan di kerjakan esok hari, akan membantu anda mengoptimalkan waktu anda dengan lebih efficient.
  2. Selalu lebih AWAL, mulai dari bangun pagi, bangunlah lebih awal sehingga hari-hari akan terasa lebih panjang agar lebih efektif. Dan tidurlah juga lebih awal sehingga badan lebih sehat dengan istirahat yang cukup.
  3. Atur waktu anda sesuai dengan prioritas kerja anda. Cara memprioritaskan waktu berdasarkan kepentingan anda, bagilah menjadi 4 tahapan:
    1. Mendesak & Penting
    2. Tidak Mendesak & Penting
    3. Tidak Penting & Tidak mendesak
    4. Tidak Mendesak & Tidak Penting

Fokuslah waktu anda, nantinya kepada yang b. (Tidak mendesak namun penting). Aktivitasnya seperti perencanaan, pencegahan, antisipasi, menyiapkan sesuatu yang diperuntukkan untuk masa depan.Print

Salam Pengusaha !

Posted on: January 19, 2017hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *