Bagaimana Mengontrol Bisnis walaupun OWNER tidak ditempat? Apakah Anda mempunyai Sistem?

Business System on the Mechanism of Metal Cogwheels.

Fungsi internal control adalah untuk pengembangan usaha. Internal control itu sendiri adalah suatu prosedur yang dibuat oleh manajemen yang mana tujuan prosedur itu membantu manajemen dalam mengatur kegiatan usahanya. Bayangkan jika sebuah perusahaan tidak mempunyai sistem, fungsi utama control adalah membuat usaha berjalan dengan baik, teratur, dan berkembang.

Penerapan internal control yang sederhana untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Karena, UKM yang mampu menerapkan beberapa poin dibawah ini:

1. Pisahkan dengan jelas tugas dan tanggung jawab setiap Karyawan

Walaupun saat ini mungkin sudah ada pembagian tugas diantara karyawan, ada baiknya pembagian tersebut diperjelas dengan TANGGUNG JAWAB yang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap karyawan. Bahasa mudahnya ialah, buatlah STRUKTUR ORGANISASI. Dengan struktur, seseorang akan tau apa tugas utamanya, tanggung jawabnya, dan kepada siapa dia harus melapor ataupun dari siapa dia harus menerima laporan.

2. Buat standar yang harus dipatuhi

Standar, atau yang lebih dikenal dengan SOP, merupakan hal penting dalam internal control. SOP TIDAK harus tertulis, yang penting SOP tersebut dilaksanakan.
3. Buat sistem pelaporan rutin

Laporan merupakan alat penting dalam menjalankan control. Tanpa laporan, baik lisan maupun tulisan, akan sulit bagi owner mengetahui keadaan detail yang dihadapi karyawan. Laporan sebaiknya dibuat oleh setiap karyawan secara tertulis dan diserahkan kepada atasannya. Atasan kemudian merekap dan melaporkan ke owner.

4. Supervisi dan control rutin

Tentu, control rutin dari owner tetap diperlukan untuk memastikan apa yang dilaporkan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Tapi, tentu owner tidak perlu 24 jam lagi untuk control kalau sudah ada sistem control internal yang baik.

5. Beri reward dan punishment

Owner juga harus sangat concern dengan reward dan punishment sebagai bentuk penghargaan kepada karyawan yang mampu bekerja dengan baik dan membuat efek jera bagi karyawan yang tidak bekerja maksimal. Sistem control akan rusak apabila owner tidak menghargai jerih payah karyawan untuk mengikuti semua standard an sistem yang telah ditetapkan. Motivasi mereka akan turun, dan ujung-ujungnya sistem control tidak akan dijalankan lagi dengan baik.

Semoga tips tersebut bermanfaat. Jika perusahaan Anda tidak memiliki sistem, belum memiliki sistem dan mau memiliki sistem. Silahkan hubungi 0811 201 2121.

Business System on the Mechanism of Metal Cogwheels.

Posted on: September 21, 2016hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *