Arti Kata ‘WHY’ dalam Bisnis?

Kata “WHY” dalam bahasa Inggris berarti “MENGAPA” ini menjadi sangat penting untuk memacu kita bergerak dan memacu kita untuk do something. Khususnya dalam hal ini jika “WHY” di dalam diri kita begitu sangat jelas, maka kita akan lebih terpacu untuk menjual lebih dan lebih lagi.

Berdasarkan dari rumus Sales = Income, maka, jika WHY kita dalah mendapatkan Income lebih banyak maka kita akan terpacu untuk melakukan Sales yang lebih banyak pula. Tetapi pertanyaannya adalah, seberapa penting income buat kita, jika tidak terlalu penting, kita tidak akan 100% tergerak untuk melakukan penjualan.

Skenario 1:

Jika kita di iming-iming akan diberi reward 100 Juta jika kita dapat melompat dari ketinggian 20 meter dari tebing 1 ke tebing lainnya. Akankah kita melompat? Mungkin Ya, Mungkin Tidak.

Skenario 2:

Jika kita melihat anak kita ada di seberang tebing dan terancam jatuh dari tebing jika tidak kita selamatkan. Jika kita ingin menyelamatkan anak kita, kita harus melompat dari ketinggian 20 meter dari tebing 1 ke tebing lainnya. Akankah kita melompat, Jawabannya YA jelas.

Nah, kesimpulan dari 2 skenario diatas, mengapa di Skenario 2, kita LEBIH terpacu untuk bergerak daripada scenario 1?

Mengapa demikian? Di scenario 1 dan di scenario 2, masing2 ada WHY-nya, tetapi mengapa di scenario 2, LEBIH terpacu?

Pada umumnya manusia lebih mendahulukan mengindari PAIN daripada, mendapatkan PLEASURE. Jadi dalam hal ini, kehilangan anak akan lebih PAINFUL dari pada mendapatkan 100 juta.

Maka, dalam hal penjulan supaya kita dapat SEGERA bergerak untuk MENJUAL & MENJUAL, kita perlu mengetahui, memahami dengan sangat JELAS sekali, apa WHY kita yang PAINFUL saat ini.

Menciptakan WHY yang PAINFUL

Setelah kita mengetahui bahwa PAINFUL WHY itu adalah Hot Button seseorang untuk bergerak. Maka, kesimpulannya pula, jika kita tidak memahami benar Painful Why (Mengapa yang Menyakitkan) di perkerjaan kita, di kehidupan kita, maka walaupun kita tahu caranya dan memahami teori, dan strategy sebagai orang sales belum tentu kita akan melakukan penjualan dengan maksimal.

So, bagaimana menciptakan Why yang so painful to us?

  1. Tanyakan pada diri kita sendiri, saat ini apa yang paling penting buat hidup kita?
  2. Mengapa hal itu menjadi penting?
  3. Apa yang terjadi jika kita tidak melakukan sesuatu untuk mencapai hal yang penting itu?
  4. Sudah berapa lama bahwa hal penting ini menjadi goal yang tidak / belum terpenuhi?
  5. Kapan akan terpenuhi hal yang penting itu?
  6. Jadi, apa yang akan kita lakukan untuk mencapai hal yang penting itu?

Kesimpulan dari sharing singkat ini adalah untuk membuat anda termotivasi, rajin, pro-active, Action tanpa menyerah, dan selalu semangat adalah anda harus tau ‘WHY’ nya, alias APA DASARnya anda mau melakukan itu, KENAPA harus anda lakukan itu, apa SENGSARAnya jika anda tidak melakukan hal atau action.

Semoga bermanfaat, jika anda ingin mempelajari lebih banyak mengenai Sales, dan meningkatkan SELLING SKILL anda secara PRAKTEK, bukan hanya TEORI, silakan hubungi no telpon ini : 0811-201-2121 | (022) 601-3678 atau email ke info@hendrahilmanint.com

 

“Stop Challenging, Stop Growing”

Salam Sukses Luar Biasa!

Posted on: January 27, 2017hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *