Apakah Anda Ingin Mencapai Tujuan Hidup Anda? Sebaiknya baca ini!

Bisnis adalah kendaraan yang paling KEREN, yang dapat membantu pemilik bisnisnya untuk  mencapai 2 TUJUAN HIDUP mereka:

1. Kebebasan Finansial &

2. Kebebasan Waktu

 

Jika dibangun dan di bentuk dengan CARA & LANGKAH yang BENAR.

Ada 4 KEKUATAN DASAR yang WAJIB dilakukan dengan benar agar bisnis dapat berjalan kokoh, dan terus berkembang menembus 10 tahun.

Kekuatan #1 : FONDASI MASTERY

Fondasi Mastery ada 3 Type :

1. Destination Mastery, 2. Money Mastery, 3. Time Mastey

1.1 Destination Mastery

Di tahap awal membangun sebuah bisnis diperlukan TUJUAN yang JELAS, SPECIFIC, berapa lama TUJUAN ini akan TERCAPAI? Jadi, tentukan GOAL 1 tahun ke depan, dan buatlah VISI perusahaan 10 tahun ke depan.

Cara Membuat VISI :

Bayangkan bahwa jika Bisnis yang anda ini mulai SUKSES, nah SUKSESnya itu bagaimana gambarannya. Misalnya, Seorang Ibu, client saya yang memulai bisnis fashion muslim, dan perlengkapan haji, Ibu ini membuat VISI dengan menggambarkan Peta Indonesia, lalu mentikkan beberapa tempat di Indonesia, terutama di kota-kota besar di Indonesa. Dan, Ia berkata saat itu,” Coach, inilah IMPIAN & CITA2 saya, saya sangat ingin membuka toko di seluruh Indonesia, dan semua akan jalan dengan baik. Saya berkata, WOW, gini donk bu spiritnya lain, dreamnya lain, ACTIONnya lain. Langkah selanjutnya, adalah  dengan membuat GOAL yang specifik adalah Action yang Pasti

1.2 Money Mastery:

Tahap selanjutnya adalah menguasai 3 LAPORAN KEUANGAN.

Dalam sebuah Bisnis, sangat diperlukan meneliti & memastikan laporan keuangan dengan benar. Karena, dengan memiliki laporan keuangan yang benar, akan memberikan kita analisa bisnis yang benar juga.

Laporan Keuangan #1 : Laporan Laba & Rugi:

OMSET dikurangi HPP = GROSS PROFIT

GROSS PROFIT dikurangi (Marketing Expense + Operation Expense) = NET PROFIT Before Tax

Net PROFIT Before Tax dikurangan Tax = NET PROFIT

Tujuan Laporan Keuangan #1 : adalah supaya memastikan bahwa bisnis memiliki keuntungan yang JELAS. Laporan biaya terlihat jelas, dan akan dapat di prediksi berapa keuntungan yang ingin di capai dengan memiliki laporan keuangan #1 ini. Laporan keuangan #2 minimal 1 bulan 1 kali diperiksa.

Laporan Keuangan #2 : Laporan Neraca

Asset = Liabilities + Equity

Tujuan Laporan Keuangan #2 : adalah memastikan bahwa Hasil kerja bisnis anda, itu ternyata memberikan anda keuntungan dan asset, bukan menambah liabilities. Karena, memang wajar jika sebuah bisnis harus berhutang, namun idealnya hutang harus dapat terbayar dari pendapatan, dan juga laba bisnis tetap postif, dalam 1 tahunnya. Laporan #2 ini minimal 6 bulan 1x di periksa.

Laporan Keuangan #3 : Laporan Cash Flow

SALDO AWAL ditambah CASH MASUK dikurangi CASH KELUAR = SALDO AKHIR

Tujuan Laporan Keuangan #3 : adalah memastikan bahwa uang masuk dan uang keluar di bisnis anda tercatat dengan detail setiap harinya, sehingga akan lebih mengantisipasi kebocoran ataupun kehilangan. Laporan Cash Flow WAJIB dibuat setiap hari.

Nah, demikian pembahasan mengenai 4 Kekuatan Dasar membangun bisnis.

Jika anda ingin mempelajari hal tersebut lebih dalam lagi, IKUTI

2 Days Business Transformation Full Workshop

Salam Sukses untuk anda, Salam Pengusaha!

Posted on: February 14, 2017hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *