5 Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan

Kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih tanpa usaha, kerja keras dan perjuangan. Adakalanya Anda merasa berada pada titik terendah atau kehilangan motivasi, walaupun rutinitas yang dilakukan merupakan sebuah pekerjaan yang dicintai.

Rasa jenuh karena melakukan hal yang sama secara berulang dalam rentang waktu yang cukup panjang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan siapa saja bisa kehilangan semangat kerja. Dan bagi Anda yang memiliki usaha atau perusahaan dengan memperkerjakan beberapa karyawan atau dalam jumlah yang cukup banyak pasti pernah juga sering menemukan karyawan yang biasanya rajin dan bekerja dengan baik tiba-tiba tidak lagi produktif bahkan terkadang melakukan kesalahan. Sebagai pimpinan atau pemilik usaha jangan cepat memberikan penilaian atau mengambil keputusan bahwa karyawan tersebut tidak layak lagi untuk dipekerjakan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pimpinan apabila menemukan bawahan atau karyawan yang kehilangan motivasi dalam bekerja, adapun cara efektif tersebut bisa Anda simak pada poin-poin berikut di bawah ini:

  1. Pendekatan secara personal

Kepekaan dalam membaca situasi seperti ini dibutuhkan dalam diri seorang pimpinan atau pemilik usaha, bisa saja karyawan maupun bawahan yang dibebani dengan berbagai macam target menemukan kesulitan menyelesaikan tugas mereka. Lakukan pendekatan secara personal, ajak karyawan atau bawahan tersebut bicara dan ciptakan suasana yang lebih santai. Cari tahu dan tanyakan apakah kesulitan atau kendala-kendala yang mereka rasakan dalam bekerja, dan jangan lupa berikan masukan serta solusi yang bisa membantu karyawan atau bawahan tersebut menemukan cara terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.

  1. Memberikan bahan kerja yang baru

Sebagai seorang pimpinan tidak hanya bisa memberikan solusi kepada bawahan atau karyawan, namun Anda juga harus bisa membangkitkan semangat serta memberikan penyegaran agar motivasi dalam bekerja kembali mereka dapatkan. Selain memperbaharui materi atau bahan dalam bekerja, berikan juga kegiatan yang menyenangkan seperti berwisata bersama atau aktifitas lainnya yang jauh berbeda dari rutinitas ditempat kerja selama ini. Sudah pasti otak kita juga perlu direfresh dan diberikan waktu untuk sejenak istirahat agar bisa kembali bekerja dengan baik.

  1. Training secara reguler

Memberikan training, karena sesi ini bisa untuk memberikan motivasi yang sempat hilang dari dalam diri mereka. Agar training bisa berjalan dengan efektif lakukanlah secara reguler, bahkan bila perlu gunakan tenaga dari Trainer Professional yang bisa mengubah mindset karyawan menjadi lebih baik hingga semangat dalam diri mereka kembali muncul.

  1. Penuhi semua hak karyawan

Untuk mencapai goal, sebagai pemilik ataupun pimpinan Anda sudah pasti memberikan target kepada bawahan sesuai dengan keahlian dan bidang mereka masing-masing. Agar mereka bisa bekerja dengan baik dan maksimal jangan melupakan hak mereka agar motivasi mereka untuk bekerja di perusahaan Anda tetap bisa dipertahankan. Karena bawahan atau karyawan bukan hanya dituntut untuk bekerja sesuai keinginan perusahaan, tetapi harus ada tercipta simbios mutualisme atau kerja sama yang saling memberikan keuntungan pada kedua belah pihak.

  1. Berikan bonus & penghargaan untuk karyawan yang berprestasi

Setiap kualitas itu pasti ada harganya, begitu juga dengan karyawan atau bawahan yang memiliki kinerja bagus. Sudah selayaknya mereka diberikan bonus atas prestasi yang berhasil ia lakukan dalam bekerja. Bisa berbentuk uang, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat karyawan akan bekerja lebih bersemangat agar kembali bisa mendapatkan bonus yang lebih besar lagi. Dan juga perlu diingat bahwa motivasi bukan hanya dengan ucapan atau tulisan yang diberikan kepada karyawan, bisa juga dalam bentuk materi.

img_20160913_170135

Foto Coach Hendra Hilman saat memberikan penghargaan kepada Timnya yang berprestasi

Itulah beberapa cara mudah dan efektif meningkatkan motivasi kerja karyawan yang bisa Anda terapkan. Maju pesat dan berkembangnya sebuah usaha ataupun perusahaan tidak hanya diawali dengan berhasil menerapkan fungsi ilmu manajemen SDM dalam rekrutmen karyawan. Tetapi akan terus berlanjut dengan keberhasilan dalam mengelola sumber daya manusia yang telah bekerja dalam perusahaan tersebut. Maka dari itu apabila karyawan memiliki motivasi diri, mereka akan lebih mudah menjalankan tugasnya dan bisa menjadi lebih professional yang tentunya akan berimbas baik terhadap perusahaan itu sendiri.

Posted on: September 14, 2016hendrahilman

2 thoughts on “5 Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *