10 Langkah Membentuk & Membangun Team menuju Auto-PILOT Business

Langkah-langkah membangun Team untuk menuju ke Business Auto-Pilot:

  1. Tetapkan Struktur Organisasi di perusahaan dengan sangat Jelas & Sesuai dengan Target perusahaan yang ingin di capai
  2. Tetapkan Posisi2 dan juga penamaan jabatan di setiap Posisi di dalam Struktur Organisasi. Pilihlah Karyawan inti dulu. Karyawan inti adalah karyawan yang bekerja dan dapat diandalkan perusahaan, dan sikapnya baik.
  3. Penyeleksian dan Penempatan Karyawan (Team) untuk menempati Posisi (Jabatan), namun Harus disesuaikan dengan karakter, personality, kemampuan karyawan (Team) tersebut.
  4. Rekrutment Karyawan (jika diperlukan) sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan juga harus jelas TUGAS & TANGGUNG JAWABnya. Perjelas dulu, kerjaannya apa saja, dan bagaimana aktivitas kesehariannya.
  5. Pembuatan Surat Kesepakatan Kerja dengan Karyawan, sehingga Tugas, Tanggung Jawab, Kemampuan melakukan pekerjaan tersebut, Aturan Main Karyawan jelas.
  6. Ajarilah Ritual, atau Kebiasaan sehari-hari (Ritual Habit) yang dimana mereka wajib melakukannya setiap hari. Contoh : Berdoa & Yell Yell
  7. Sosialisasikan Budaya Kerja perusahaan, dan JELASKAN Setiap kata-kata di dalam budaya kerja itu. Contoh kata: Effektif –> Anda disebut Efektif jika saat waktu kerja, ya kerja, saat waktu tidur ya tidur, saat waktu main ya main. Jangan diganti-ganti, misalnya, saat tidur, anda kerja, saat anda kerja, anda tidur. Nah, itu tidak Efektif
  8. Trainingkan Karyawan Inti, sesuai dengan kebutuhan. Beda antara training dengan sosialisasi adalah saat training, kita ‘dipaksa’ lari. Dan, saat training, peserta juga mengukuti semua kegiatan training yang diberikan, bukan hanya mendengarkan, namun PRAKTEK LANGSUNG.
  9. Coaching & Mentoring. Coaching masuk ke mana? Coach membantu menggali perasaan yang paling dalam dan selalu menjadi pikiran itu yang seperti apa?
  10. Evaluasi dari penempatan orang-orang yang tepat, dan juga apakah itu kebanyakkan? Evaluasi karyawan dalam performanya didalam pekerjaan. Utamakan yang Team Inti dahulu.

Pelajari ke #10 Langkah ini, mudah-mudahan dapat membantu memiliki Team yang dapat diandalkan, sehingga lebih mudah bagi Owner untuk menganalisa kompetensi team yang ia miliki.

Jika anda merasa sulit dan sudah Stuck sebagai “Superman” di bisnis sendiri. Maka, jangan khawatir, saat ini dapat menghubungi Customer Care, Hendra Hilman International Bisnis Clinic & Consultacy atau dapat membeli DVD kami yang berjudul “4 Steps To Build Autopilot Business”

Hubungi: 0811 201 2121

Salam Pengusaha!

Hendra HilmanSteps to build autopilot business

Posted on: January 10, 2017hendrahilman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *